Eksplorasi Keindahan Curug, Bogor



22 September 2018


Walaupun lagi dilanda tanggal tua, langkah kaki ini menemukan kembali pelarian terdekat dari Jakarta, yang jauh dari hiruk-pikuk macetnya jalanan, dari padatnya antrian foodcourt di mall, dari mahalnya kehidupan di jaman sosialita.


Jalanan setelah turun dari parkiran mobil

Curug Leuwihejo yang gue eksplor kali ini adalah salah satu dari puluhan curug nan indah yang ada di Bogor. Udah pemandangannya indah plus ditambah perginya sama orang-orang tercinta. Tjakeps!

Yuk Kita Eksplorasi...



Curug berasal dari Bahasa Sunda yang artinya Air Terjun. Nah, Kota Bogor ini selain dikenal dengan pusat Kuliner dan Kota Hujan, ternyata banyak memiliki wisata Air Terjun atau Curug yang sangat eksotis dan engga kalah sama tempat-tempat wisata lainnya. Akhir-akhir ini banyak orang mencoba melakukan pelarian dengan eksplorasi ke alam, jadi selain kudaki gunung, kulari ke pantai, berkunjung ke Air Terjun ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk melepaskan penat sejenak.


Di Musim Kemarau, airnya masih ijo-ijo seger

Gue sendiri baru menyadari keindahan  wisata ini dari postingan sosmed beberapa temen yang udah kesana sebelumnya, dan dengan ide dadakan beberapa hari sebelumnya, inilah liburan singkat dengan sensasi yang berbeda. Semakin tersembunyi, dan semakin tinggi lokasi curug yang dituju, maka semakin indah panorama alami yang bisa kita nikmati. Dari beberapa kunjungan gue ke air terjun sebelumnya, Curug Bogor ini punya kenangan yang lain dihati.

Lokasi Curug:
Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830

Berhubung gue nebeng temen naik mobil pribadi, jadi dari Jakarta kita ikutan google maps dan diarahin buat keluar di Citereup/Cibinong, kita bisa juga keluar via tol Sentul Selatan/City.



Jam Operasional: Buka Setiap Hari, Jam: 08.00-17.00


Jalanan sedikit menanjak dan naik-turun



Harga Tiket:
  1. Leuwi Hejo: IDR 25,000/orang
  2. Parkiran Mobil: IDR 15,000/kendaraan
  3. Leuwi Cepet & Leuwi Lieuk: IDR 10,000/orang
  4. Leuwi Barong & Cibaliung/Baliung: IDR 10,000/orang



Salah satu pos penjaga tiket

2 Tiket Masuk dan 1 Karcis Mobil, 1 Tiket lagi kata penjaganya lagi kosong

Perlu di highlight:

Gue dan temen-temen agak sedikit kurang setuju dikarenakan dikenakan dua kali pembayaran setelah pintu masuk. Awalnya dari pintu masuk/gapura kita akan dikenakan biaya pertama IDR 25,000/orang dan biaya parkir mobil IDR 15,000/mobil, kemudian saat trekking ke beberapa spot air terjun, kita akan dikenakan lagi dua kali pembayaran, masing-masing @IDR 10,000/orang. 

Jadi tiket leuwihejo dan parkir kendaraan adalah dari pejabat setempat, kalo tiket dari Leuwi cepet hingga Cibaliung adalah dari pihak warga Desa Cibadak (notif gue ya kalo pengalaman pribadi gue salah). Sekedar saran, semoga pejabat Kabupaten Bogor bisa meminimalisir kekurangan ini dengan membayar tiket terusan (hanya sekali bayar) agar tidak ada kecurangan atau iuran yang dikenakan bisa disentralisasi dari pusat.

Durasi jalan kaki/trekking sampai Curug Paling atas (cibaliung): +/- 1.5jam, jalanan naik turun, berbatu licin, di beberapa tempat ada tangga kayu.




Spot Selfie Mainstream IDR 2,500/orang

Rute Perjalanan: Leuwi Cepet- Lieuk- Leuwi Hejo - Barong - Cibaliung.

Peta Rute


Leuwi Lieuk

Leuwi Hejo

Leuwi Hejo
Leuwi Ciung
Leuwi Cibaliung
Leuwi Cibaliung
Orang-orang bisa loncat dari pinggir tebing - Leuwi Cibaliung


Tips Kalau Kesini:

  • Diusahakan untuk datang lebih pagi, karena setelah jam9, pengunjung akan mulai banyak yg berdatangan. Jadi lebih pagi lebih baik guys, bonus dapet spot foto masih sepi.
  • Fisik atau kondisi tubuh harus fit nih, karena kita akan main air, terus lanjut trekking lagi, biar mencegah angin jahat yang suka datang dan pergi begitu aja kayak si Dia #eaaakk

  • Jangan lupa bawa baju ganti. Di deket parkiran ada kamar bilas, dan di beberapa pemberhentian juga disediakan kamar kecil.
  • Air minum dan makanan ringan (optional) dikarenakan ada warung yang menjajakan gorengan, mie instan/cup, air mineral, kopi dan makanan ringan lainnya.
  • Sendal Trekking/Anti Slip (wajib).


Sendal Trekking
  • Bagi yang engga bisa berenang kayak gue, aman kok disini disediakan sewa pelampung.
  • Apabila cuaca hujan, lebih baik ditunda dulu perjalanannya dikarenakan jalur trekking akan menjadi sangat licin, dan air pun jadi engga sejernih biasanya (warna air akan lebih coklat).
  • Punya jiwa suka berpetualang. Kalo iya, jangan pikir panjang lagi untuk datang kesini.



Yep, terima kasih Curug Bogor tercinta! Trekking yang cukup buat menggantikan exercise seminggu penuh kedepan nih hehehe, tapi jadi pengalaman baru yang menyenangkan. Semoga bisa mengeksplor curug-curug indah yang lainnya bersama si Dia dong pastinya. Sekali lagi, liburan engga harus mahal! Selamat mengeksplor curug juga ya guys, jaga kesehatan dan Jangan Lupa Bahagia! #TanataStory

IG: @tanatastory


Rincian Pengeluaran gue selama disini:
No.
Keterangan
Total Biaya
1.
Semua Tiket Masuk
IDR 45,000 /orang
2.
Parkir Kendaraan Mobil
IDR 15,000/orang
3.
Kamar Mandi/Ganti
IDR 2,000/orang
4.
Air Mineral 600ml
IDR 5,000/botol
5.
Gorengan
IDR 1,000/pcs




Comments

Popular Posts